Panduan Lengkap, Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan
Panduan Lengkap, Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan

Panduan Lengkap, Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan - Jika anda mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS mandiri, anda akan diwajibkan untuk mengikutsertakan semua anggota keluarga yang tercantum/terdaftar dalam Kartu Keluarga tersebut. Dan mengenai sistem pembayaran iurannya pun juga  dilakukan sekaligus, maksudnya per sekali bayar dihitung sesuai jumlah semua anggota, tidak sendiri-sendiri.

Panduan Lengkap, Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan
Nah, sistem yang demikian, menyebabkan peserta BPJS harus memperbarui daftar susunan keluarga pada BPJS, apabila sewaktu-waktu terdapat perubahan anggota keluarga, baik karena menikah, meninggal, atau karena hal lainnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengubah Jenis Kepesertaan di BPJS Kesehatan?

Lantas, bagaimana cara merubah daftar susunan anggota keluarga pada BPJS kesehatan? Berikut kami bagikan panduannya:

Cara Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga pada BPJS


Perubahan susunan keluarga pada BPJS dapat dilakukan karena berbagai hal seperti yang telah disebutkan di atas. Beda persoalan, maka beda juga persyaratan yang harus dipersiapkan. Sehingga, sebelum anda datang langsung ke Kantor BPJS, anda perlu melengkapi beberapa hal dibawah ini :

1. Jika anggota keluarga menikah dan pindah Kartu Keluarga (KK)

Syarat kepesertaan BPJS adalah anggota keluarga harus berada dalam satu Kartu keluarga (KK), sehingga apabila ada anggota keluarga yang pindah KK, maka data nya pada BPJS juga harus dihapus atau dipindahkan. Berikut adalah persyaratan yang harus disiapkan untuk mengurus hal tersebut :

a. Fotokopi surat nikah
b. Fotokopi daftar gaji yang telah dilegalisir (bagi PNS)
c. Pas foto berwarna yang terbaru bagi istri dan suami ukuran 3x4 cm
d. Foto kopi akte kelahiran anak

2. Jika anggota keluarga meninggal dunia

Ketika terdapat anggota keluarga yang meninggal dunia, anda perlu menghapusnya dari daftar kepesertaan BPJS karena peserta tersebut sudah tidak wajib untuk membayar iuran. Berikut persyaratannya :

a. Fotokopi surat keterangan kematian
b. Menyerahan kartu peserta yang meninggal dunia

3. Jika terjadi perceraian

Perceraian adalah berakhirnya suatu pernikahan, dimana kedua pasangan memutuskan untuk berpisah. Dalam hal ini, mereka tidak lagi tercantum dalam satu Kartu Keluarga, sehingga perlu dilakukan penghapusan kepesertaan dalam BPJS dengan persyaratan sebagai berikut :

a. Surat penetapan akta perceraian dari pengadilan
b. Menyerahkan kartu BPJS asli milik suami atau istri

4. Jika digantikan dengan anggota keluarga yang lain

Berdasarkan peraturan BPJS, bagi seorang pegawai penerima upah, jumlah jaminan maksimal diberikan untuk 3 anak. Apabila salah satu dari ketiga anak tersebut meninggal atau menikah, maka dapat digantikan dengan anak yang lain.

Lebih jelasnya, misal anda memiliki 4 orang anak. Tetapi, hanya 3 orang yang boleh mendapat jaminan BPJS, anggap saja anak pertama, kedua, dan ketiga. Lalu suatu saat anak pertama anda menikah dan pindah kartu keluarga. Maka pada susunan keluarga yang menerima BPJS, posisi anak pertama dapat digantikan dengan anak ke empat.

Proses pergantian tersebut, dapat dilakukan dengan persyaratan sebagai berikut :

a. Kartu peserta BPJS anak yang akan digantikan
b. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak satu lembar bagi anak yang menggantikan (kecuali jika anak masih balita)
c. Fotokopi akte kelahiran anak yang menggantikan
Fotokopi daftar gaji orang tua yang telah dilegalisir

Setelah melengkapi persyaratan di atas berdasarkan keperluan Anda, Anda dapat datang langsung ke Kantor BPJS terdekat. Anda dapat meminta bantuan kepada satpam yang ada di sana. Selanjutnya, anda akan diarahkan untuk mengisi Formulir Perubahan Data Peserta (FPDP) dan prosedur selanjutnya.

Nah, itu dia cara merubah daftar susunan anggota keluarga pada BPJS kesehatan. Semoga dengan membaca ulasan diatas, anda tak bingung lagi jika sewaktu-waktu menemui permasalahan diatas.



Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap, Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan "

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel