Panduan Merubah Data KIS atau BPJS Kesehatan yang Tidak Sesuai dengan KTP/KK
Panduan Merubah Data KIS atau BPJS Kesehatan yang Tidak Sesuai dengan KTP/KK

Panduan Merubah Data KIS atau BPJS Kesehatan yang Tidak Sesuai dengan KTP/KK - Dalam pembuatan KIS (Kartu Indonesia Sehat), anda pasti diminta untuk menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan/atau KK (Kartu Keluarga) sebagai data/berkas identitas. Tetapi, meski telah menunjukkan keduanya, terkadang kesalahan tidak dapat dihindari, misalnya kesalahan dalam penulisan nama atau lainnya. Pastinya hal ini menyebabkan data pada KIS tidak sesuai dengan KTP atau KK yang anda miliki. Sehingga, mau tak mau anda harus melakukan perubahan terhadap data KIS milik anda.

Panduan Merubah Data KIS atau BPJS Kesehatan yang Tidak Sesuai dengan KTP/KK
Nah, sebelum membahas bagaimana cara merubah data KIS atau BPJS yang tidak sesuai dengan KTP atau KK, ada baiknya kita  pahami dulu informasi mengenai  apa itu KIS, dan apa perbedaannya dengan BPJS. Karena kami yakin banyak masyarakat yang tidak memahaminya.

Sekilas tentang Kartu KIS

Kartu Indonesia Sehat (KIS) masih merupakan bagian dari BPJS Kesehatan. Pada mulanya kartu ini digunakan bagi peserta yang iurannya ditanggung pemerintah (BPJS PBI). Kartu ini juga digunakan sebagai pegganti dari kartu JAMKESMAS dan JAMKESDA.  Namun untuk saat ini, kartu KIS telah digunakan untuk semua peserta BPJS, baik yang mandiri, PBI, maupun PPU (perusahaan).

Baca Juga: Panduan Lengkap, Merubah Daftar Susunan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan

Kartu KIS memiliki fungsi yang sama dengan kartu BPJS. Bagi peserta yang baru mendaftar BPJS akan langsung mendapatkan kartu KIS sebagai identitas kepesertaan nya. Pada kartu KIS akan tertera biodata peserta seperti nomor kartu, nama peserta, alamat, tanggal lahir, NIK serta faskes yang dipilih. Kartu ini akan dikatakan valid jika data yang tercantum di dalamnya sesuai dengan data yang ada pada KTP maupun KK yang bersangkutan.

Jika terdapat perbedaan data antara kartu KIS dengan KTP atau KK, maka peserta diminta untuk segera merubah data tersebut. Adapun caranya adalah :

Cara Merubah Data KIS

1. Berikut adalah data yang perlu anda persiapkan untuk mengrus perubahan data yang salah pada kartu KIS anda :

a. Kartu KIS yang salah
b. Kartu Keluarga (KK)
c. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Selanjutnya, dengan membawa persayaratan di atas, anda dapat datang langsung ke kantor BPJS terdekat, karena proses perubahan data ini hanya dapat dilakukan secara offline.

3. Kemudian anda harus mengisi formulir perubahan data kepesertaan yang telah disediakan oleh BPJS, anda dapat bertanya pada satpam apabila ada kesulitan dalam mengisi data tersebut. Jangan lupa untuk meminta nomor antrian kepada satpam

4. Setelah itu, anda dapat mengantri terlebih dahulu sampai nomor urut anda dipanggil

5. Saat giliran anda tiba, sampaikan tujuan anda bahwa anda ingin merubah data yang salah pada kartu KIS kepada petugas

6. Perubahan data akan diproses sesuai dengan data pada KTP atau KK yang anda bawa

7. Anda akan mendapat kartu KIS baru dengan data yang telah diperbarui

Resiko jika Membiarkan Data KIS Tetap Salah

Kesalahan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Meskipun kesahalan yang terjadi cukup sepele, akan ada pihak yang mempermasalahkan hal tersebut. Data yang tertera pada kartu KIS yang anda miliki adalah identitas kepesertaan anda pada BPJS. Sehingga data yang tertera pada kartu harus sesuai dengan data yang tercantum dalam basis data BPJS (sesuai dengan KTP atau KK). Karena dalam penggunaannya saat anda berobat, pihak rumah sakit akan mencocokkan data pada kartu anda dengan basis data yang dimiliki BPJS. Jika terdapat perbedaan, tentu hal ini akan menimbulkan masalah, bahkan bisa jadi kartu anda tidak dapat digunakan.

Untuk itu, jika terdapat kesalahan pada kartu KIS atau BPJS anda, segera lakukan perbaikan data ke kantor BPJS terdekat.

Demikian di atas cara merubah data KIS atau BPJS Kesehatan yang tidak sesuai dengan KTP atau KK, semoga bermanfaat.


6 Komentar untuk "Panduan Merubah Data KIS atau BPJS Kesehatan yang Tidak Sesuai dengan KTP/KK"

  1. Saya mau tanya KIS saya jombang jika di betulkan di kantor bpjs kediri apa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di kantor cabang awal pembukaan, kecuali pindah domisili

      Hapus
  2. Nama beda dgn yg di ktp...pas periksa di puskesmas msh bisa.apa gk perlu dirubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa dirubah aja sesuai KTP agar tidak bermasalah kedepan nya, untuk memudahkan administrasi

      Hapus

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel