Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Anda Tidak Aktif atau Diblokir
Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Anda Tidak Aktif atau Diblokir

Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Anda Tidak Aktif atau Diblokir - Pernah mengalami kondisi saat anda sakit dan berobat kemudian kartu anda (BPJS Kesehatan) anda tidak dapat digunakan karena tidak aktif atau di blokir?. Ya, kami yakin ada beberapa dari pembaca yang pernah mengalaminya. Lantas, apa penyebab kartu BPJS anda di blokir tersebut? Nah, berikut, telah kami rangkum beberapa penyebabnya. Silahkan disimak.

Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Anda Tidak Aktif atau Diblokir
1. Ada Tunggakan Biaya yang Belum Dibayar lebih dari 1 Bulan 
Pemerintah memang telah mengeluarkan peraturan bebas denda bagi peserta yang memiliki tunggakan pembayaran namun aturan baru telah muncul dengan adanya sistem pemblokiran kartu secara otomatis bagi peserta yang belum membayar iuran lebih dari 1 bulan. Untuk itu usahakan untuk membayar iuran setiap bulannya sebelum tanggal 24.

2. Pengguna Baru yang Masih Dalam Proses Pembayaran Iuran Pertama 
Bagi anda yang merupakan pengguna baru, atau baru mendaftar, maka kartu tidak bisa langsung digunakan karena anda harus menunggu proses pembayaran iuran pertama yaitu 14 hari setelah anda mendaftar dan menerima nomor virtual account sebagai rekening pembayaran iuran. Jika iuran pertama belum dibayarkan maka status anda masih non-aktif

Baca Juga: Inilah Ketentuan Mendapat Program KIS, KIP, dan KKS Bagi Warga Kurang Mampu

3. Salah Satu Anggota Dalam Kartu Kelurga (KK) Menunggak Pembayaran
Aturan yang dikeluarkan oleh BPJS untuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga dalam KK menjadi peserta BPJS mengharuskan anda untuk tiliti dan melakukan pengecekan setiap bulannya pada masing-masing anggota keluarga pasalnya jika ada salah satu anggota dalam KK yang belum membayar maka secara otomatis kartu anda akan dilokir.

4. Usia Anda Sudah 21 Tahun (Bagi peserta BJPS PPU)
Bagi anda yang menjadi peserta BPJS PPU (Peserta Penerima Upah) dimana perusahaan tempat anda bekerja menanggung sebagian iuran bulanan BPJS untuk keluarga anda yang terdiri dari 1 orang pasangan dan 3 orang anak maka anda harus memperhatikan aturan terkait usia.

Jika ada anak anda yang usianya sudah 21 tahun, maka secara otomatis status keanggotaan anak anda dalam kartu BPJS akan dinonaktifkan karena dianggap telah dewasa dan mampu membiayai diri sendiri. Namun jika anak anda masih kuliah bisa melakukan pengajuan status tersebut untuk diperpanjang sampai umur 25 tahun.

Syaratnya adalah dengan membawa surat pernyataan kuliah dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan lalu mengurus perpanjangan ke kantor BPJS setempat. Bagi anda yang tidak sedang kuliah maka otomatis anda harus melakukan perubahan peserta BPJS menjadi mandiri/perorangan.

5. Kartu Anda Dinonaktifkan Karena Sudah Dianggap Mampu 
Kasus yang satu ini khusus bagi anda peserta BPJS PBI atau Penerima Bantuan Iuran tiap bulan dari pemerintah untuk warga miskin dan tidak mampu yang masuk dalam golongan kelas III.

Jika kartu anda diblokir atau dinonaktifkan artinya anda sudah dianggap mampu atau bukan golongan warga miskin yang layak mendapat bantuan pemerintah, hal ini terjadi karena data anda tidak masuk dalam rekonsiliasi oleh kementerian sosial (Kemensos) akibatnya data anda sudah tidak masuk dalam daftar peserta BPJS PBI dan otomatis dinonaktifkan. Maka anda harus melakukan pendaftaran BPJS mandiri dengan beban biaya yang anda tanggung sendiri

6. Ada Kemungkinan Kesalahan Sistem Terkait Pembayaran Premi 
Dari beberapa hal yang sudah saya jelaskan diatas, jika anda sudah merasa melakukan prosedur pembayaran yang benar dan tidak pernah terlambat maupun memiliki tunggakan premi atau iuran namun tetap mengalami kasus BPJS yang non aktif. Maka segeralah melapor ke petugas BPJS untuk menelusuri penyebabnya karena bisa jadi ada kemungkinan kesalahan sistem diluar wewenang anda.

Nah, itulah di atas beberapa alasan atau penyebab kenapa  kartu BPJS kesehatan Anda tidak Aktif atau Di blokir. Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kartu BPJS Kesehatan Anda Tidak Aktif atau Diblokir"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel