Step By Step Cara Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) untuk Pegawai yang Sudah Keluar/Resign
Step By Step Cara Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) untuk Pegawai yang Sudah Keluar/Resign

Step By Step Cara Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) untuk Pegawai yang Sudah Keluar/Resign - BPJS perusahaan adalah jaminan kesehatan yang diberikan untuk karyawan dari perusahaan yang bersangkutan dengan ketentuan sebagian iuran bulanan ditanggung oleh perusahaan dan sebagian diambil dari pemotongan gaji karyawan.

Step By Step Cara Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) untuk Pegawai yang Sudah Keluar/Resign
Berdasarkan peraturan Undang-undang, semua perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Perusahaan (PPU).
Lantas,, bagaimana jika karyawan tersebut kena PHK atau resign ? Tentunya pihak perusahaan perlu menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) yang dimiliki karyawan tersebut. Adapun caranya adalah:

Panduan Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU)

Pada umumnya masa berlaku BPJS Perusahaan adalah selama karyawan itu masih bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Ketika karyawa tersebut sudah keluar, maka perusahaan akan segera menonaktifkan BPJS Perusahaan milik karyawan tersebut agar perusahaan tidak lagi menanggung iuran bulanan.

Baca Juga: Panduan Merubah Data KIS atau BPJS Kesehatan yang Tidak Sesuai dengan KTP/KK

1. Bagi karyawan yang PHK

Berdasarkan Undang-undang No. 40 Tahun 2004 tentang sistem Jaminan Sosial Nasional dan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2013, menyebutkan bahwa karyawan yang mengundurkan diri atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masih berhak mendapatkan Jaminan Kesehatan selama 6 bulan setelah diputuskannya PHK. Jadi selama 6 bulan setelah PHK, perusahaan masih menanggung iuran BPJS PPU milik karyawan tersebut dan kartu BPJS PPU masih dapat digunakan.

Hal yang perlu dilakukan oleh karyawan setelah terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) :

  1. Setelah karyawan memperoleh pekerjaan baru, karyawan dapat mengajukan BPJS PPU di perusahaan yang baru dan menonaktifkan BPJS PPU dari perusahaan yang lama dengan cara menghubungi bagian HRD untuk menonaktifkannya.
  2. Jika setelah 6 bulan, karyawan belum mendapat pekerjaan baru dan merasa belum mampu untuk membayar iuran bulanan, karyawan bisa mengajukan BPJS PBI, sehingga iuran bulanannya ditanggung pemerintah.


2. Bagi karyawan yang mengundurkan diri

Bagi karyawan yang resign atau mengundurkan diri atas keputusan pribadi, karyawan perlu untuk segera mengubah status BPJS PPU nya. Karena, bagi karyawan yang keluar atas kemauannya, perusahaan tidak memiliki kewajiban lagi untuk menanggung iuran BPJS PPU pada bulan selanjutnya.

Untuk menghindari tunggakan, karyawan perlu mengubah status BPJS nya menjadi Mandiri atau PBI dengan datang langsung ke kantor BPJS membawa persyaratan berikut ini :

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu BPJS asli
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  4. Surat keterangan telah mengundurkan diri dari perusahaan yag bersangkutan
  5. BPJS PPU dari perusahaan telah dinonaktifkan (karyawan dapat menghubungi bagian HRD untuk menonaktifkannya)


Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengisi formulr dan mengikuti prosedur yang dijelaskan oleh petugas di kantor BPJS.

3. Jika perusahaan bangkrut

Ada pula kejadian yang menyebabkan BPJS PPU tetap aktif meskipun karyawan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Bisa jadi perusahaan tempat anda bekerja masih memiliki tunggakan terhadap iuran BPJS PPU, sehingga meskipun anda sudah resign, BPJS PPU anda masih aktif. Hal demikian inilah yang terkadang mempersulit anda saat akan mendaftar BPJS PPU di perusahaan yang baru maupun BPJS Mandiri.

Untuk kasus di atas, karyawan dapat beralih status BPJS nya dengan melunasi sendiri tunggakan tersebut. Namun, apabila perusahaan tersebut bangkrut, karyawan dapat melaporkan hal tersebut ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Kemudian Tim BPJS akan menyelidiki kebenaran hal tersebut. jika terbukti benar, maka BPJS PPU akan dianggap nonaktif, sehinga karyawan bisa mendaftar kembali menjadi peserta BPJS mandiri maupun BPJS PBI.

Demikian di atas cara menonaktifkan BPJS perusahaan (PPU) untuk karyawan yang sudah keluar. Semoga bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "Step By Step Cara Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) untuk Pegawai yang Sudah Keluar/Resign"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel