Tata Cara Penggantian Kartu Jamkesmas atau Jamkesda, Menjadi KIS BPJS
Tata Cara Penggantian Kartu Jamkesmas atau Jamkesda, Menjadi KIS BPJS

Tata Cara Penggantian Kartu Jamkesmas atau Jamkesda, Menjadi KIS BPJS - Saat ini Jamkesmas atau Jamkesda (Jaminan Kesehatan Masyarakat) untuk warga miskin dan kurang mampu telah diganti menjadi BPJS Kesehatan dan secara otomatis status peserta Jamkesmas atau Jamkesda telah dirubah menjadi peserta KIS (Kartu Indonesia Sehat) oleh BPJS Kesehatan PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari pemerintah kelas III.

Tata Cara Penggantian Kartu Jamkesmas atau Jamkesda, Menjadi KIS BPJS
Lantas bagaimana cara mengganti kartu Jamkesmas atau Jamkesda menjadi kartu KIS (Kartu Indonesia Sejahtera) BPJS tersebut? Nah, untuk anda yang masih bingung, kali ini  kami akan bagikan informasi lengkapnya :

1. Mengganti Kartu Jamkesmas dengan Kartu KIS BPJS 
Bagi anda yang awalnya sudah terdaftar dalam kartu Jamkesmas atau Jamkesda lalu belum merubah kartu anda menjadi KIS BPJS sebenarnya tak perlu khawatir, karena anda tetap bisa menggunakan kartu tersebut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan layaknya kartu BPJS. Selama data anda masih diikutsertakan dalam hasil rekonsiliasi oleh kementerian sosial.

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Bila Ingin Pindah Kelas BPJS Kesehatan (Naik Kelas Atau Turun Kelas)

Penggantian kartu Jamkesmas memang dilakukan secara bertahap oleh petugas BPJS lewat POS untuk didistribusikan ke desa atau kelurahan setempat. Jika beberapa dari anda ada yang merasa belum mendapatkan kartu KIS BPJS, sementara tetangga maupun saudara anda sudah menerimanya, maka ada kemungkinan kepesertaan Jamkesmas atau Jamkesda anda sudah non aktif atau kartu KIS BPJS memang belum didistribusikan ke tempat anda.

Untuk itu anda perlu melakukan pengecekan melalui kantor BPJS setempat atau bisa langsung melakukan perubahan kartu secara mandiri dengan membawa beberapa berkas persyaratan sebagai berikut :

  1. Membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  2. Membawa fotokopi kartu Jamkesmas seluruh anggota keluarga 
  3. Semua berkas diatas kemudian diserahkan pada petugas BPJS kesehatan 
  4. Lalu tunggu proses kroscek data oleh petugas hingga proses penggantian kartu KIS BPJS selesai dan kartu bisa anda bawa pulang 


Lalu bagaimana jika ternyata kartu Jamkesmas anda sudah nonaktif atau anda sudah tidak menjadi peserta yang menerima dana bantuan dari pemerintah karena sudah dianggap mampu?. Jika anda mengalami hal ini maka salah satu solusinya adalah dengan menjadi peserta BPJS mandiri atau menanggung sendiri beban biaya iuran anda dengan persyaratan mengurus BPJS kesehatan perorangan. ebagai berikut : 

  1. Membawa KTP asli dan fotokopi masing-masing anggota keluarga 
  2. Membawa Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi 
  3. Membawa fotokopi buku rekening bank (BNI, BRI, atau mandiri)Bagi anda yang akan mendaftar kelas 1 dan 2 maka anda wajib memiliki rekening bank BRI, BNI, atau Mandiri. Namun bagi anda yang mendaftar kelas 3 tidak diwajibkan memiliki rekening bank.
  4. Membawa masing masing 2 lembar pas foto ukuran 3x4 untuk masing-masing anggota keluarga kecuali anak usia balita 


Setelah menyimak informasi diatas tentang cara mengganti kartu Jamkesmas atau Jamkesda menjadi KIS BPJS dan persyaratan menjadi peserta BPJS mandiri, kami bagikan juga informasi tambahan, khususnya bagi anda yang ingin menambahkan anak dalam kepesertaan KIS BPJS orang tua. Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut :

  1. Anak anda lahir setelah tahun 2017, bagi yang lahir sebelum tahun 2017 maka anda harus membuat surat pengajuan ke Dinas sosial
  2. Membawa Akta Lahir / Surat Keterangan Lahir anak anda
  3. Membawa Kartu KIS Ibu/orangtua
  4. Anda juga perlu memastikan bahwa kartu KIS anda adalah kartu yang mendapat biaya bantuan dari pemerintah. Untuk itu anda bisa melakukan pengecekan melalui website resmi BPJS kesehatan atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat 
  5. Jika semua persyaratan telah terpenuhi maka anda bisa langsung melakukan registrasi ke kantor BPJS kesehatan setempat dan menambahkan anak anda dalam KIS orang tua 


Itu tadi di atas beberapa informasi yang bisa saya bagikan untuk anda seputar BPJS kesehatan khususnya cara mengganti kartu jamkesmas atau jamkesda menjadi KIS BPJS. Semoga bisa membantu anda.


Belum ada Komentar untuk "Tata Cara Penggantian Kartu Jamkesmas atau Jamkesda, Menjadi KIS BPJS"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel