Tips Mengurus Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Mudah dan Cepat
Tips Mengurus Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Mudah dan Cepat

Tips Mengurus Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Mudah dan Cepat - Perlu diketahui, BPJS kesehatan memiliki 3 kategori kelas, yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III. Perbedaan dari kelas-kelas tersebut terletak pada jumlah iuran per bulan yang harus dibayarkan, dan tentunya itu berpengaruh pada pelayanan yang akan diberikan, khususnya tentang ruang rawat inap yang akan ditempati bila dirawat di rumah sakit.

Tips Mengurus Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Mudah dan Cepat
Adapun peraturan terbaru terkait dengan iuran bulanan, BPJS membuat perubahan sebagai berikut :

● Kelas I : Rp. 80.000,-
● Kelas II : Rp. 51.000,-
● Kelas III : Rp. 25.500,-

Adanya perubahan iuran (tarif naik), menyebabkan tak sedikit peserta BPJS mengalami keberatan. Sehingga banyak diantaranya yang memilih untuk turun kelas. Nah, bagi anda yang mengalami hal serupa, sebaiknya simak informasi mengenai cara mudah mengurus turun kelas BPJS di bawah ini.

Baca Juga: Step By Step Cara Menonaktifkan BPJS Perusahaan (PPU) untuk Pegawai yang Sudah Keluar/Resign

Cara Mengurus Pindah Kelas BPJS

Untuk mengajukan permintaan turun kelas kepada BPJS, syarat utamanya adalah anda telah aktif selama minimal 1 tahun, dan apabila anda sudah pernah pindah kelas dan ingin pindah lagi, maka dapat dilakukan 1 tahun setelah perubahan kelas  terakhir.

Pengajuan penurunan kelas hanya dapat dilakukan secara offline, sehingga anda perlu datang langsung ke kantor BPJS terdekat di kota anda. Sebelumnya, anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan, antara lain:

  1. Kartu Keluarga (asli dan fotocopy)
  2. Kartu Tanda Penduduk (asli dan fotocopy)
  3. Kartu BPJS Kesehatan (asli dan fotocopy)
  4. Iuran telah lunas (tidak ada tunggakan). Anda dapat memastikan hal ini dengan mengeceknya melalui ATM terdekat. Atau datang saja ke Bank dengan membawa kartu BPJS dan jelaskan tujuan kepada satpam. Anda akan dibantu untuk mengeceknya.
  5. Materai 6000, digunakan saat pengisian formulir di Kantor BPJS


Selanjutnya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Datang ke kantor BPJS dan bawa semua persyaratan di atas
  2. Silahkan mengambil Formulir Perubahan Data Peserta dan nomor urut antrian. Anda dapat meminta arahan dari satpam yang ada untuk mengisi formulirnya
  3. Setelah mengisi formulir, silahkan antri terlebih dahulu
  4. Ketika giliran anda dipanggil, sampaikan tujuan anda kepada petugas
  5. Setelah persyaratan terpenuhi, perubahan kelas akan diproses.
  6. Jika tidak ada kendala, maka perubahan kelas yang di proses akan selesai pada hari itu juga.


Tips agar Pengurusan Berjalan Cepat

1. Mantapkan tujuan anda
Sebelum melakukan perubahan kelas, anda perlu mempertimbangkan untuk naik atau turun kelas, serta kelas mana yang akan anda ambil kali ini. Pastikan kelas tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Jangan sampai ketika anda sudah berada di Kantor BPJS, anda masih bingung untuk menentukan kelas mana yang akan anda ambil. Hal ini hanya akan memperlambat proses pengurusan data.

2. Persiapkan persyaratan sehari sebelumnya
Untuk menghindari adanya persyaratan yang terlewat atau tertinggal, maka lebih baik untuk mempersiapkannya sejak awal. Kelengkapan persyaratan juga akan memperlancar proses perubahan data , sehingga proses dapat selesai dengan cepat.

3. Pilihlah hari yang tepat
Sebenarnya, proses perubahan data tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, panjangnya antrian-lah yang membuat prosesnya terasa begitu lama. Oleh karena itu, memilih hari yang tepat juga penting. Pilihlah hari yang sekiranya kantor BPJS tidak begitu ramai. Anda juga dapat berangkat lebih awal sebelum antrian menjadi sangat panjang.

Demikian di atas informasi tentang cara mudah dan cepat mengurus pindah kelas BPJS. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Tips Mengurus Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Mudah dan Cepat"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel