Sistem Rujukan BPJS Kesehatan Terbaru 2018
Sistem Rujukan BPJS Kesehatan Terbaru 2018

Sistem Rujukan BPJS Kesehatan Terbaru 2018 - Jika merujuk dari peraturan pemerintah, menjadi peserta BPJS kesehatan bisa dibilang merupakan hal wajib, yang diberlakukan bagi seluruh masyarakat. Karena faktanya, dengan menjadi peserta BPJS kesehatan, banyak keuntungan yang bisa didapat.

Sistem Rujukan BPJS Kesehatan Terbaru 2018
Nah, terkait hal tersebut, untuk menambah wawasan anda terkait BPJS kesehatan, berikut kami bagikan informasi tentang sistem rujukan BPJS terbaru 2018 ini.

Aturan Rujukan BPJS Kesehatan Terbaru 2018


1. Datang Ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FASKES I)

Faskes I merupakan tahap awal dalam penggunaan layanan kesehatan, saat anda membutuhkan layanan kesehatan anda bisa langsung mendatangi Faskes I yang terdiri dari puskesmas, klinik, atau dokter umum.

Baca Juga: Prosedur Periksa Kehamilan Bagi Pengguna BPJS Kesehatan

Faskes I memberi anda layanan kesehatan dasar seperti penanganan kasus penyakit ringan atau yang masih sanggup ditangani oleh Faskes I. Jika ternyata anda membutuhkan pelayanan intensif maka anda akan diberi surat rujukan ke Faskes II.

2. Datang Ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Kedua (FASKES II)

Faskes II merupakan tahapan layanan kesehatan kedua setelah anda diberikan rujukan oleh Faskes I atau Faskes I tidak sanggup menangani kasus penyakit anda sehingga membutuhkan layanan keehatan yang lebih intensif berupa layanan kesehatan spesialistik atau dokter spesialis.

3. Datang Ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL)

FKRTL merupakan tahapan layanan kesehatan lanjutan apabila Faskes II tidak mampu menangani kasus penyakit anda, namun anda juga harus membawa surat rujakan dari Faskes I. FKRTL umumnya adalah layanan kesehatan yang telah memiliki fasilitas lengkap seperti rumah sakit umum, atau khusus,dan klinik utama yang setara dengan rumah sakit umum.

4. Saat Kondisi Darurat Dapat Langsung Ke UGD 

Dalam kasus kesehatan yang darurat anda dapat langsung mendatangi UGD dengan memakai BPJS kesehatan seperti datang ke Faskes II atau rumah sakit terdekat hal tersebut bisa dilakukan tanpa harus ada surat rujukan dari Faskes sebelumnya seperti Faskes I.

Kondisi gawat darurat memang menjadi pengecualian bagi peserta BPJS untuk bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa mengikuti prosedur bertahap seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

Bahkan dalam kondisi darurat memungkinkan anda untuk datang ke rumah sakit yang belum memiliki kerjasama dengn BPJS jika memang rumah sakit tersebut merupakan yang terdekat dari lokasi anda.

Namun setelah anda menjalani perawatan dan memungkinkan untuk dipindahkan, maka anda akan dipindahkan ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

Lantas untuk jenis penyakit dan kondisi yang dikategorikan gawat darurat, pihak BPJS akan melakukan pemeriksaan khusus serta melakukan diagnosis untuk memastikan kondisi darurat tersebut valid. Untuk itu, gunakan layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda, agar tidak mengalami kendala saat melakukan klaim

Mengapa Harus Dibuat Sistem Rujukan Berjenjang ?

Sebagian dari anda mungkin bertanya-tanya, mengapa sistem pelayanan pada BPJS kesehatan harus dibuat berjenjang, selain terkesan rumit juga membuat anda terkadang ragu dengan fasilitas kesehatan tingkat tertentu. Berikut saya bagikan infonya untuk anda:

1. Sitem rujukan berjenjang memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan pada masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan setiap berobat harus datang ke rumah sakit. Hal ini juga berfungsi dalam mengatur management tugas dan tanggungjawab pelayanan kesehatan sesuai fungsi dan tingkat layanannya.

2. Pasien dapat berobat sesuai kategori medis atau penyakit yang diderita, selama penyakit masih dikategorikan ringan dan mampu ditangani oleh faskes I maka pasien tidak perlu dirujuk ke rumah sakit.

3. Untuk fasilitas dan layanan kesehatan pada faskes I, anda tidak perlu khawatir karena tenaga medis pada faskes I memiliki kompetensi yang setara dengan dokter umum rumah sakit.

Demikian informasi mengenai sistem rujukan BPJS kesehatan terbaru 2018, semoga bisa menjadi referensi bagi yang membutuhkan.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Rujukan BPJS Kesehatan Terbaru 2018"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel