Apa Sebenarnya Rahasia Dari Bank BUMN Hingga Menjadi Lebih Unggul Dari Bank Swasta
Apa Sebenarnya Rahasia Dari Bank BUMN Hingga Menjadi Lebih Unggul Dari Bank Swasta

Apa Sebenarnya Rahasia Dari Bank BUMN Hingga Menjadi Lebih Unggul Dari Bank Swasta - Bank merupakan suatu lembaga yang merupakan sumber keluar masuknya uang. Seringkali bank juga dikenal oleh masyarakat sebagai tempat untuk menyimpan uang terbaik. Dan bank-bank yang paling banyak di kenal oleh kalangan masyarakat adalah bank pemerintah. Salah satu bank milik pemerintah yaitu bank rakyat indonesia, bank negara indonesia, bank mandiri dan ada bank mandiri syariah, Bank btn dan masih banyak lagi.

Apa Sebenarnya Rahasia Dari Bank BUMN Hingga Menjadi Lebih Unggul Dari Bank Swasta
Namun yang tak kalah populer disaat ini adalah bank bumn yang kemungkinan masih baru terdengar namanya di masyarakat. Dan ternyata bank bumn tak kalah dengan bank swaswa lainnya yang dalam memberikan pelayanannya. Lalu apa sih sebenarnya yang menjadi suatu strategi rahasia dari bank bumn sehingga mampu mengharumkan namanya dan hampir menyaingi bank swasta yang sudah dikenal dan sudah sejak lama berdiri.

Ternyata yang menjadi titik rahasia dari bank bumn adalah dalam bentuk permodalan. Seperti pada bulan juni lalu di tahun 2018, bahkan dinyatakan bahwa kinerja dari bank bumn lebih unggul jika dibandingkan dengan bank swasta. Bagaimana mungkin tidak dibuat tercengang karena hal ini diluar dari ekspektasi kita. Pada bulan juni 2018 laba bersih dari Bank BUMN hingga mencapai rp. 86,6 triliun yang artinya dinyatakan naik hinggan 17,26% dalam satu tahun (year on year).

Sehingga jika dibandingkan dengan tahun yang sebelumnya Bank BUMN memiliki laba bersih yaitu pada tahun 2017 mencapai rp 73,9 triliun. Walau demikian ternyata bank bumn tetap unggul jika dibandingkan dengan laba bersih pada bank swasta di tahun 2018 hanya mencapai rp. 62,7 triliun. Hitungan naik pada bank swasta hanya 1% dalam satu tahun (year on year). Sedangkan pada tahun 2017 hanya rp 62,1 triliun dan tidak berbanding jauh artinya.

Rahasia Dari Bank BUMN Hingga Menjadi Lebih Unggul Dari Bank Swasta


Hal di atas sudah jelas perbandingan Antara Bank BUMN dan Bank Swasta dari segi laba bersihnya. Berikut adalah menilai dari segi probabilitas atau Return on asset (ROA) pada Bank BUMN. Ternyata perbandingan dari kedua Bank ini masih lebih unggul Bank BUMN yaitu dengan nilai keunggulan nya 2,94%  dan dikatakan naik hingga 16 basis poin (bps) di tahun 2018.

Jika dihitung dalam bentuk persen maka menjadi 2,78%. Sedangkan rasio profitabilitas pada Bank Swasta masih jauh perbandingannya yang hanya mencapai 1,97% dan ternyata menurun dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 15,6 bps yoy.

Paul Sutaryono merupakan seorang Pengamat perbankan yang mengemukakan pendapatnya bahwa Bank BUMN akan lebih unggul. Alasannya karena modal yang dimiliki oleh Bank BUMN jauh lebih banyak jika dibandingkan milik Bank Swasta.

Dan jika membahas tentang nfrastruktur misalkan seperti kantor cabang dan fasilitas lainnya juga lebih unggul Bank BUMN. Maka hal tersebut sudah jelas Bank BUMN akan mampu bersaing dengan Bank Swawta. Beliau bertutur kata demikian pada Senin (27/8).

Selain yang telah disebutkan Bank BUMN memiliki ROA yang lebih unggul dibandingkan dengan Bank Swasta. Mengapa demikian? Karena Bank Plat Merah lebih banyak bermain pada kredit sindikasinya. Kredit sindikasi merupakan suatu pembiayaan dari proyek infrastruktur bertenor menengah panjang.

Maka hal ini yang kemudian membuat pendapatan Bank menjadi lebih meningkat dari bunga yang lebih banyak dihasilkan. Kredit inilah yang akan terus menjadi keunggulan dari Bank BUMN.


Belum ada Komentar untuk "Apa Sebenarnya Rahasia Dari Bank BUMN Hingga Menjadi Lebih Unggul Dari Bank Swasta"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel