Mengenal Istilah Apa Saja Dalam Dunia Perbankan
Mengenal Istilah Apa Saja Dalam Dunia Perbankan

Mengenal Istilah Apa Saja Dalam Dunia Perbankan. Ada benyak sekali istilah yang kemungkinan masih asing terdengar oleh beberapa orang. Karena kebanyakan masih banyak masyarakat awam yang tidak paham dalam dunia perbankan. Bahkan para masyarakat remaja belum sepenuhnya mengenal istilah apa saja yang sudah biasa tersebut dalam bank. Jadi jika kemungkinan anda ingin belajar lebih jauh tentang istilah apa saja dalam dunia perbankan maka simak hal dibawah ini.
Mengenal Istilah Apa Saja Dalam Dunia Perbankan

Istilah dalam dunia perbankan sudah banyak mengalami perubahan dan perbaikan. Undang-undang yang mengatur hal ini yaitu uu no.10 tahun 1998. Undang-undang sebelumnya adalah uu no.7 tahun 1992 kemudian mengalami perubahan pada tahun 1998. Istilah dalam dunia perbankan adalah hal penting dan dapat menjadi suatu bekal ilmu pengetahuan. Jadi tidak akan ada ilmu yang tidak bermanfaat, jika tidak sekarang maka bisa jadi bermanfaat dalam melakukan kegiatan bisnis dan perniagaan

Istilah-Istilah Dalam Dunia Perbankan Yaitu Sebagai Berikut


Dunia Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang seluruh Bank, yang mencakup seluruh lembaganya, kegiatan usaha serta tatacara dalam seluruh prosesnya dalam melaksanakan kegiatan usaha. Sedangkan Bank sendiri merupakan suatu lembaga atau badan usaha untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk masyarakat dalam bentuk simpanan.

Selain itu Bank juga akan kembali menyalurkan tersebut kepada masyarakat berupa kredit dan pelayanan lainnya. Tujuan dari sistem kredit tersebut adalah semata-mata untuk kepentingan demi kemaslahatan hidup masyarakat.

Bank terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Bank Umum yang melaksanakan seluruh kegiatan usaha secara konvensional berdasarkan prinsip syariah. Bank ini sering disebut dengan istilah bank syariah yang memberikan layanan jasa dalam jalur pembayaran.

dalam dunia perbankan Ada juga Bank perkreditan Rakyat yang melakukan segala jenis usaha, sedangkan dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam jalur pembayarannya.

Pelayanan yang dilakukan Bank mencakup beberapa istilah mulai dari simpanan, Giro, Deposito, sertifikat Deposito. Ada juga dalam bentuk Tabungan, surat berharga, berupa kredit dan pembiayaan lain. Jadi pihak bank memberikan jalan keluar mudah yang sering dikenal dengan istilah talangan dengan berbagai pembiayaan berdasarkan prinsip syariah.

Tentu semua kegiatan yang dilakukan pihak Bank telah berdasarkan pada beberapa prinsip. Prinsip tersebut yaitu berupa perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak atau antara orang-orang yang bersangkutan.

dalam dunia perbankan Ada juga bank yang menekankan prinsip syariah, bedanya yaitu terletak pada beberapa prinsip yang berdasarkan dengan ketentuan dan hukum islam. Seluruh produk yang ditawarkan oleh Bank dengan prinsip syariah pasti berlandaskan dengan ketetapan dan hukum islam.

Jika Anda ingin mengenal lebih jauh dari Bank yang menerapkan prinsip syariah, maka masih akan ada banyak istilah yang luas didalamnya. Misalkan seperti akad ijaroh, musyarakah, dan mudharabah.

Tentu ada juga yang namanya istilah suatu Lembaga badan hukum yang menjadi sumber jaminan dari simpanan nasabah yang dapat di klaim dengan asuransi dll. Hal ini sering disebut sebagai Lembaga Pinajaman Simpanan dalam dunia perbankan.

Pernah kemungkinan Anda mengenal istilah Merger? Yaitu penggabungan antara dua pihak Bank atau lebih. Atau mendengar istilah konsolidasi yaitu penggabungan dari dua pihak Bank dan kemudian menbuat Bank baru hingga menjadi satu.

Sedangkan akuisisi adalah kegiatan pengambil alihan dari kepemilikan suatu Bank. Sifat bank juga rahasia yang artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai pribadi nasabah Bank tidak dapat di beberkan kepada pihak lain atau siapapun itu.



Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah Apa Saja Dalam Dunia Perbankan"

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik blog, dilarang berkomentar diluar topik atau mengandung unsur Sara, ujaran kebencian , po*ngr4fi atau tidak Senonoh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel